0

Berhubung dengan adanya perubahan sistem ranking tahun ini, mau coba bikin FAQ tentang ranking (isinya bakal Wall of Text, harap dimaklumin)

Q: Ranking itu apa sih?
A: Biasanya tiap bulan, semua teitoku di tiap server bakal dinilai rankingnya berdasarkan jumlah poin/戦果 yang dihasilkan dari awal bulan sampai akhir bulan. Yang masuk ke 500 besar bakal dapat hadiah di pertengahan bulan berikutnya (Makin tinggi rankingnya hadiah makin bagus). Hadiah biasa berupa equip eksklusif yang bakal direlease belakangan.

Q: Cara dapat poin gimana sih?
A: Poin (alias HQ exp yang didapat) bisa didapat dari expedisi, PVP, ataupun sortie, walaupun 95% poin dapat paling gede dari sortie, terutama dari hasil sortie di boss node. Mungkin kamu suka dengar jangan sering spam 1-5 di boss node, itu karena HQ exp yang didapat dari boss node jauh lebih besar dari node biasa. Semakin susah mapnya, semakin tinggi juga HQ exp yang didapat.

Q: Ane mau coba ngejar ranking nih, ada saran?
A: Syarat utama untuk ngejar ranking sih minimal HQ level 100, atau udah siap mental dengan musuh susah versi HQ level tinggi (biasa level 100). Biasa kalo mau ngejar ranking dalam 1 bulan bisa naik minimal 1-2 HQ level. Buat masuk ke 500 besar, biasanya perlu kerjain EO seperti 1-5 (+75), 2-5 (+100), 3-5 (+150) (wajib), dan 5-5 (+200) (optional). Selain itu perlu juga grind di map dengan poin tinggi (biasanya 5-4, alternatifnya 5-2 atau 6-2 klo ngejar rare drop). Setiap clear 5-4 dapat kurang lebih 2-2,5 poin. Standar ranking mungkin berbeda untuk setiap server tapi rata2 tiap hari perlu kerjain 10-15 kli 5-4 per hari buat masuk rank 500.

Q: Itu cara ngitung poinnya dari mana sih? Koq pas awal bulan direset lagi?
A: Ranking biasa diupdate 2 kali sehari, jam 3AM JST (waktu Jepang) dan jam 3PM JST. Buat jam 3AM JST, poinnya diitung dari poin yang didapat dari jam 2PM JST sampai 2AM JST, dan berlaku sebaliknya untuk jam 3PM JST. Khusus untuk akhir bulan, poin yang diitung cuma sampe jam 10PM JST. Jam 10PM JST sampe awal jam 2AM JST bakal diitung buat update di awal bulan 3AM JST. Dan khusus untuk awal bulan, setiap teitoku bakal dapat bonus poin warisan/引き継ぎ戦果.

Q: Bonus poin warisan/引き継ぎ戦果? Apa lagi itu?
A: Bonus poin warisan itu bonus poin yang didapat buat setiap teitoku pada awal bulan. Mungkin ada yang pernah cek di ranking pas awal bulan langsung dapat 1000an poin. Itu mayoritas poin dapat dari bonus poin warisan. Formulanya buat bonus poin warisan yang lama itu total HQ exp/50.000. Hal ini sangat menguntungkan teitoku dengan HQ level tinggi dan mayoritas rank 1-20 dimonopoli oleh teitoku dengan HQ level 120.

Q: Formula lama?
A: Mulai tahun 2015, formula bonus poin warisan diganti menjadi (total poin yang didapat bulan sebelumnya)*1400/50000 + (bonus poin dari EO bulan lalu)/35. Persaingan ranking mungkin makin ketat sejak bonus poin warisan turun drastis, tapi teitoku dengan HQ level rendah pun ada kesempatan masuk ranking (klo dia nolife :v)

Q: Saya mau spam 5-4 saja yang sudah mainstream, ada saran?
A: Ada. Komposisi fleet akan saya bagi menjadi 4 kategori:

  • Fleet Sapu Bersih
Komposisi Fleet ini terdiri dari 3FBB 2CV 1CAV. Untuk build equipnya yaitu, FBB (6 maingun ; 3 AP ; 3 plane) ; CV (5 hijau ; 2 merah/biru ; 1 kuning) ; CAV ( full drum). Dengan komposisi ini, 90% kamu bisa menyelesaikan semua node dengan peringkat S di day battle. kerugian dari komposisi ini adalah kamu harus keluar biaya resupply kapal yang cukup besar.
  • Fleet Sedang
Komposisi Fleet ini terdiri dari 1CA/CAV 2FBB 2CV 1CAV. Untuk build equipnya yaitu, CA/CAV (2 maingun ; 2 plane/1 radar 1 plane) ; FBB (4 maingun ; 2 AP ; 2 plane) ; CV (5 hijau ; 2 merah/biru ; 1 kuning) ; CAV ( full drum). Fleet ini memiliki biaya resupply yang termasuk rata-rata jika kamu berhasil menyelesaikan node boss saat masih day battle. kerugiannya adalah jika status battle kamu adalah Head-On Engagement maka ada kemungkinan kamu tidak bisa menyelesaikan node (boss node) saat day battle dan terpaksa harus masuk night battle (jika kamu menginginkan predikat S di boss node).
  • Fleet Murah
Komposisi Fleet ini terdiri dari 1CL 2FBB 2CV 1CAV. Untuk build equipnya yaitu, CL (2 maingun ; 1 plane/1 radar/1 secondary gun 1 radar) ; FBB (4 maingun ; 2 AP ; 2 plane) ; CV (5 hijau ; 2 merah/biru ; 1 kuning) ; CAV ( full drum). Seperti judulnya, fleet ini memiliki biaya resupply paling minimal karena menggunakan CL. Kerugiannya adalah jika status battle kamu adalah Head-On Engagement (fatigue dan status damage berpengaruh) dan di akhir day battle kapal musuh masih tersisa 3 atau lebih maka ada kemungkinan kamu tidak bisa menyelesaikan node (boss node) tersebut di night battle sekalipun.
  • Fleet Selingan
Komposisi Fleet ini terdiri dari 5SS remodel yang semua equipnya adalah Torpedo. Fleet ini akan melewati rute selatan sebelum sampai ke boss dan akan melalui beberapa node yang menyebalkan. Keuntungannya sangat jelas yaitu biaya resupply yang teramat murah. Kerugiannya yaitu ada chance fleet kamu akan dipaksa pulang sebelum sampai boss karena di node preboss kamu akan bertemu dengan golden CL yang mengerikan, dan jika berhasil sampai boss status battle yang kamu dapat bersifat random bisa T merah, Paralel, Head-On, atau bahkan T hijau yang akan mempengaruhi predikat kamu nanti di boss node. Fleet ini juga hampir setiap sortie kamu harus mengeluarkan ember jika kamu bukan tipe orang yang sabar menunggu. (Credit to: Ruliantyo S Rambe)

note :
  • Satu-satunya musuh terbesar kamu di map ini (jika membawa saiun) adalah status battle Head-On Engagement yang hampir selalu muncul di semua node setiap sortie.
  • 2 Hime di preboss tidak terlalu menakutkan ketimbang CV musuh yang kadang bisa critical hit meskipun status battle Head-On Engagement. Jika kamu kurang percaya diri ambil formasi double line saja.
  • Sangat memungkinkan untuk leveling kapal tertentu sambil di grind sampai node boss.
  • Membawa BBV ada chance ke node maelstorm.
  • Tidak disarankan membawa CVL sebagai pengganti CV, alasannya adalah CVL memiliki slot plane yang sedikit dan juga sifatnya rapuh mudah terkena damage.
  • Beberapa kapal yang diketahui memiliki biaya resupply murah, diantaranya CL (Nagara Class), CV (Unryuu Class, Shoukaku Class), CA (Takao Class, Myoukuo Class)
  • Memungkinkan hanya membawa 1FBB saja, tapi memiliki resiko besar karena firepower fleet akan menurun drastis.
Referensi: 

Credit:

Posting Komentar

Tidak ada komentar:

 
Top